Cari Blog Ini

Sabtu, 05 September 2015

AGUSTUSAN DI RW 13 CISALAK

Masyarakat “berpesta besar” di Seluruh Indonesia, untuk merayakan dan memperingati hari kemerdekaan Indonesia yang jatuh pada tanggal 17 Agustus 1945, mulai dari upacara peringatan dan pembacaan teks proklamasi yang mengingatkan kita ke detik detik kemerdekaan bangsa Indonesia sampai pada aktivitas-aktivitas yang bertujuan untuk menanamkan rasa nasionalisme tak terkecuali di RW 13 Cisalak dibawah inisiatif Karang Taruna RW 13.

Sepanjang yang saya ingat saat, beberapa makna Proklamasi Kemerdekaan Bagi Bangsa Indonesia yaitu :
  1. Puncak perjuangan bangsa Indonesia dalam mencapai dan memperjuangkan kemerdekaan.
  2. Sebuah pernyataan yang berisi tentang keputusan Negara Indonesia untuk membuat atau menetapkan aturan hukum nasional Indonesia dan menghapus arturan hukum colonial (Sudut Pandang Hukum),
  3. Sebuah pernyataan negara Indonesia yang melepaskan diri dari penjajahan dan membuat atau membentuk Negara Kesatuan Republik Indonesia yang merdeka,bebas, dan berdaulat (Sudut Politik Ideologis),
  4. Proklamasi adalah sebuah alat hukum internasional untuk menyatakan kepada seluruh rakyat indonesia dan seluruh dunia, bahwa Indonesia dapat mengambil nasibnya ke dalam tangannya sendiri untuk memegang seluruh hak kemerdekaan.
  5. Proklamasi merupakan sebuah lampu mercusuar yang selalu menunjukkan jalannya sebuah sejarah, memberikan inspirasi, dan banyak motivasi motivasi dari perjalanan bangsa Indonesia di segala keadaan.
Kreatif dan memunculkan semangat kebersamaan, itu sudah pasti, dan dari sudut penilaian itu saya sangat mengapresiasi kegiatan-kegiatan tersebut mampu membentuk solidaritas dan kekompakan antar warga. Meskipun ada pertanyaan besar yang seringkali muncul di pikiran saya, cukup efektifkah perayaan-perayaan tersebut dengan makna perjuangan dan menjadi motivasi bagi kita di masa kekinian. Baiklah, dalam kerangka bentuk apapun, saya ikut optimis perayaan yang dilakukan apapun bentuknya pastilah menjunjung tinggi arti kata kemerdekaan sebagai bentuk rasa bersyukur atas segala yang kita nikmati saat ini.

Sebuah bahan evaluasi ke depan tentunya untuk menampilkan aktivitas (terutama dari jenis lomba) yang memiliki “benang merah” dengan semangat kemerdekaan??

Apresiasi yang tinggi patut di berikan kepada Generasi Muda RW 13 yang telah mencoba membuat perbedaan dalam perayaan 70 tahun Kemerdekaan RI kali ini…SALUUTTT…!!!

Dan inilah hasilnya….


































Tidak ada komentar:

Posting Komentar